Dalam bisnis ritel, toko menjadi titik utama dalam memajang
produk-produk yang diperjualbelikan. Apa pun jenis produk yang anda
dagangkan di dalam toko, harus sedapat mungkin didesain agar bisa
terlihat baik dan menarik di mata para pengunjung.
Mendesain tata letak toko membutuhkan beberapa kali percobaan (trial
anda error). Dalam pengaturan layout dan display tersebut, ada lima hal
yang wajib diperhatikan, yaitu:
Desain Toko Harus Mampu Memancing Orang untuk Datang Berbelanja
Ketika toko anda berada di pinggir jalan yang ramai dilalui orang
berlalu lalang, maka itu merupakan hal yang sangat potensial
mendatangkan calon pembeli. Namun, jangan sampai potensi tersebut malah
menjadi kecil karena tata letak yang kurang maksimal. Produk-produk yang
sedang populer dan ngetrend sebaiknya diletakkan di bagian depan yang
mampu memancing orang untuk masuk ke toko anda. Tips ini sangat
disarankan bagi anda yang memiliki toko fashion (busana). Pada area di
sekitar kasir, sebaiknya anda menempatkan produk-produk kecil (murah)
yang mampu memancing konsumen untuk membelinya ketika mereka masih
menunggu giliran membayar. Hal ini tentu akan meningkatkan omset
penjualan anda.
Desain Toko Harus Membuat Display Produk Mudah Terlihat dan Diakses
Dalam mengatur tata letak barang, anda harus membuatnya mudah terlihat
ketika pertama kali pengunjung masuk ke toko. Dengan demikian, para
pengunjung akan merasa nyaman dan efesien waktu saat berbelanja di toko
anda, karena tidak harus berlama-lama mencari produk yang mereka beli.
Hal ini pun membuat suasana toko anda tidak terlihat terlalu crowded
(ramai) yang kemungkinan membuat calon pengunjung lain enggan masuk ke
toko anda.
Desain Toko Harus Mencerminkan Tema Bisnis Anda
Apakah jenis usaha toko anda? Apakah toko buku, toko obat, toko
perlengkapan bayi, toko sembako, toko sepatu, toko musik, toko
elektronik, toko pakaian, atau toko roti? Tentunya konsep desain yang
akan anda bangun pada toko anda mencerminkan jenis bisnis anda, bahkan
hingga tema yang khusus. Misalnya toko pakaian remaja, hendaknya dihiasi
dengan citra-citra keremajaan, seperti cat yang atraktif, musik hip
pop, dan poster-poster artis terkenal. Jadi, tema desain toko anda akan
mampu menunjukkan citra bisnis anda.
Desain Toko Harus Memperhatikan Ruang Gerak (Practical) Para Pengunjung
Pada model supermarket atau toserba, setiap lorong harus didesain cukup
lebar agar mampu menampung dua troli atau keranjang belanja yang
berpapasan. Sebaiknya hindari membuat lorong yang buntu karena kurang
mengefesienkan gerak pelanggan dan bahkan membuat pembeli lain enggan
(kurang nyaman) menuju ke lorong produk tersebut. Pada toko apotek perlu
disediakan tempat duduk yang nyaman saat para pelanggan sedang menunggu
isian resep obat.
Desain Toko Tidak Boleh Mengurangi Tingkat Keamanan
Cermin besar wajib anda tempatkan pada bagian-bagian yang sulit diawasi.
Jika anda punya dana lebih, sebaiknya tambahkan fasilitas CCTV.
Barang-barang yang berharga mahal harus diletakkan pada area khusus,
misalnya produk perhiasan ditaruh di dalam lemari kaca terkunci.
Keamanan untuk pelanggan juga perlu anda perhatikan, misalnya jaringan
kabel-kabel listrik tersembunyi dengan baik atau deretan barang
(vertical / horizontal) pada rak-rak disusun agar tidak mudah terjatuh.
Demikianlah lima poin penting dalam mengatur tata letak di dalam toko
anda. Salam kerja & usaha!!!
0 komentar:
Posting Komentar